Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan Mendapatkan Kunjungan Studi Lapang dari Peserta PKP Puslatbang KMP LAN RI


Berita Capil

Ahmad Muhrani

7 September 2023 | 184 kali

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan Mendapatkan Kunjungan Studi Lapang dari Peserta PKP Puslatbang KMP LAN RI

Balikpapan, 7 September 2023 - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan menerima kunjungan istimewa dari peserta Program Kepemimpinan Pemuda (PKP) Pusat Pendidikan dan Pelatihan Badan Kepegawaian Negara (Puslatbang KMP LAN RI). Kunjungan studi lapang ini berlangsung pada hari Kamis, 7 September 2023, dan bertempat di Ruang Rapat Lt. 1 Disdukcapil Balikpapan pada pukul 10.00 Wita.

 

 

Kegiatan studi lapang ini merupakan bagian dari program pelatihan dan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Badan Kepegawaian Negara (Puslatbang KMP LAN RI). Peserta PKP yang hadir dalam kunjungan ini adalah para pemuda dan pemudi yang tengah mengikuti program kepemimpinan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemimpin muda di berbagai sektor.

Dalam sambutannya, Sekertaris Disdukcapil Kota Balikpapan, Ardiawan Nugraha Putra,SSTP.,M.Si, menyambut hangat kedatangan peserta PKP Puslatbang KMP LAN RI. Ia menyampaikan bahwa kunjungan ini adalah kesempatan yang baik untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang manajemen administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di tingkat lokal.

 

"Kami senang dapat berbagi informasi dan pengalaman tentang tugas dan tanggung jawab kami di Disdukcapil Kota Balikpapan. Semoga kunjungan ini bermanfaat bagi peserta PKP dalam memahami peran penting administrasi kependudukan dalam pembangunan daerah," ujar Ardiawan.

 

Selama kunjungan studi lapang ini, peserta PKP Puslatbang KMP LAN RI mendapatkan penjelasan terperinci tentang berbagai aspek administrasi kependudukan, termasuk proses perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el), pendaftaran kelahiran, pernikahan, dan administrasi lainnya yang menjadi tanggung jawab Disdukcapil.

 

Peserta juga memiliki kesempatan untuk berdiskusi dan bertanya langsung kepada petugas Disdukcapil tentang berbagai hal terkait administrasi kependudukan. Hal ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada peserta tentang peran penting Disdukcapil dalam memastikan identitas kependudukan yang sah bagi warga negara Indonesia.

 

Sekertaris Disdukcapil Kota Balikpapan berharap bahwa kunjungan studi lapang ini dapat menjadi langkah awal dalam membangun kerja sama yang lebih erat antara pemuda dan pemudi yang akan menjadi pemimpin masa depan dengan instansi pemerintah dalam menjalankan tugas pelayanan publik.