Studi Komparasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Kotabaru


Berita Capil

pingkan

27 Desember 2023 | 143 kali

Studi Komparasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Kotabaru

Balikpapan, 27 Desember 2023 - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan menerima kunjungan studi komparasi dari Disdukcapil Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, pada Rabu, 27 Desember 2023, pukul 10.00 WITA. Kunjungan ini bertujuan untuk menjelajahi inovasi yang telah diterapkan oleh Disdukcapil Kota Balikpapan, khususnya dalam hal pengolahan dan penyajian data kependudukan serta peningkatan pelayanan yang lebih maksimal.

 

Tim studi komparasi terdiri dari 12 orang, yang meliputi Kepala Dinas, Kepala Bidang Dafduk, Kasubbag Umpeg, dan staf lainnya. Mereka diterima dengan hangat oleh pejabat dan staf Disdukcapil Kota Balikpapan.

 

Kepala Bidang PIAK, menyambut baik kunjungan tersebut, menggambarkan hal ini sebagai langkah positif untuk berbagi pengalaman dalam pengelolaan data kependudukan.

 

"Ini adalah kesempatan berharga bagi kami untuk berbagi pengetahuan dan inovasi yang telah kami terapkan di Disdukcapil Kota Balikpapan. Kami berharap bahwa kunjungan ini dapat memberikan inspirasi dan ide-ide baru bagi Disdukcapil Kabupaten Kotabaru," ungkap beliau.

 

Selama kunjungan, tim dari Kabupaten Kotabaru diberikan pemahaman mendalam tentang sistem pengolahan data kependudukan, teknologi yang digunakan, serta strategi pelayanan yang telah terbukti efektif di Kota Balikpapan. Diskusi intensif antara kedua belah pihak juga terjadi, mencakup pertukaran ide dan solusi terkait permasalahan yang mungkin dihadapi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

 

"Kami percaya bahwa kolaborasi seperti ini dapat memberikan manfaat besar bagi kedua belah pihak. Dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman, kita dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan administrasi kependudukan di wilayah masing-masing," tambah beliau.

 

 

Kunjungan studi komparasi ini diharapkan menjadi awal kerja sama yang lebih erat antara Disdukcapil Kota Balikpapan dan Disdukcapil Kabupaten Kotabaru, menciptakan inovasi yang lebih lanjut dan pelayanan yang lebih baik untuk masyarakat.