Identifikasi Data Kependudukan Penduduk Rentan di Kelurahan Graha Indah oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan


Berita Capil

Ahmad Muhrani

19 April 2024 | 2056 kali

Identifikasi Data Kependudukan Penduduk Rentan di Kelurahan Graha Indah oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan

Balikpapan, 18 April 2024 - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan telah berhasil melakukan identifikasi data kependudukan penduduk rentan yang bertempat di Kelurahan Graha Indah, Kamis (18/4).

 

Kegiatan identifikasi ini dilakukan dalam upaya untuk memastikan bahwa seluruh warga negara Indonesia di wilayah Balikpapan memiliki dokumen kependudukan yang lengkap dan valid. Identifikasi ini khususnya difokuskan pada penduduk yang rentan, termasuk mereka yang mungkin belum memiliki atau kehilangan dokumen kependudukan.

 

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan, kegiatan ini merupakan bagian dari program prioritas Dinas untuk meningkatkan kualitas data kependudukan dan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat.

 

"Identifikasi data kependudukan ini penting untuk memastikan bahwa semua warga Balikpapan memiliki akses ke hak-hak dasar sebagai warga negara, seperti hak pendidikan, kesehatan, dan layanan publik lainnya," ujar beliau.

 

Dalam kegiatan ini, tim dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan bekerja sama dengan perangkat Kelurahan Graha Indah untuk mendata dan memeriksa dokumen kependudukan warga. Selain itu, penduduk yang belum memiliki dokumen kependudukan atau mengalami masalah administrasi akan mendapatkan bantuan untuk proses pembuatan atau pemulihan dokumen.

 

Diharapkan dengan adanya kegiatan identifikasi ini, akan tercipta data kependudukan yang akurat, mutakhir, dan dapat menjadi dasar untuk pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien di Kota Balikpapan.

 

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan mengajak seluruh masyarakat, khususnya warga Kelurahan Graha Indah, untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan identifikasi dan memastikan bahwa data kependudukan yang dimiliki adalah valid dan lengkap.

 

Akhir dari berita ini, tim dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan dukungan dari seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan identifikasi data kependudukan penduduk rentan di Kelurahan Graha Indah.