Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan Optimalkan Identifikasi Data Kependudukan di RSUD Beriman


Berita Capil

Ahmad Muhrani

16 Januari 2024 | 90 kali

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan Optimalkan Identifikasi Data Kependudukan di RSUD Beriman

Balikpapan, 15 Januari 2024 - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan terus berupaya meningkatkan kualitas dan akurasi data kependudukan. Pada hari Senin, 15 Januari 2024, Disdukcapil Kota Balikpapan melaksanakan kegiatan identifikasi data kependudukan yang bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Beriman Kota Balikpapan.

 

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan bahwa data kependudukan masyarakat yang berada di wilayah Kota Balikpapan terkelola dengan baik, termasuk data para pasien yang mendapatkan pelayanan di RSUD Beriman. Identifikasi data melibatkan petugas dari Disdukcapil yang berfokus pada verifikasi dan pemutakhiran informasi kependudukan, seperti alamat, status pernikahan, dan data pribadi lainnya.

 

Kepala Disdukcapil Kota Balikpapan, menyampaikan bahwa kerja sama dengan RSUD Beriman sangat penting untuk menjaga akurasi data kependudukan. "RSUD Beriman adalah mitra strategis kami dalam memastikan bahwa data kependudukan masyarakat yang mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit ini tetap terkini dan akurat," ujar Kepala Disdukcapil dalam keterangannya.

 

Para petugas Disdukcapil memberikan pelayanan dengan cepat dan efisien kepada para pasien yang bersedia mengikuti kegiatan identifikasi data. Proses ini tidak hanya bertujuan untuk memastikan keakuratan data kependudukan, tetapi juga untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga informasi kependudukan yang benar dan terkini.

 

Manajemen RSUD Beriman menyambut baik kegiatan identifikasi data kependudukan ini sebagai bentuk sinergi antara pemerintah dan lembaga kesehatan dalam mendukung pelayanan publik yang berkualitas. "Kami sangat mengapresiasi kerja sama ini karena memberikan manfaat langsung bagi pasien kami. Dengan data kependudukan yang akurat, pelayanan kesehatan dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat," ujar Direktur RSUD Beriman.

 

Diharapkan kegiatan identifikasi data kependudukan di RSUD Beriman ini dapat menjadi model yang dapat diadopsi oleh institusi kesehatan lainnya. Penguatan kerja sama antara Disdukcapil dan rumah sakit diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pemeliharaan dan peningkatan kualitas data kependudukan di Kota Balikpapan.