Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan Menjadi Narasumber Bimbingan Teknis Administrasi Tingkat RT


Berita Capil

Ahmad Muhrani

18 Januari 2024 | 95 kali

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan Menjadi Narasumber Bimbingan Teknis Administrasi Tingkat RT

Balikpapan, 18 Januari 2024 - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan diundang sebagai narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Administrasi Tingkat RT yang dilaksanakan pada Rabu dan Kamis, 17 hingga 18 Januari 2024, di Hotel Pacific Balikpapan.

 

Kegiatan yang dihadiri oleh berbagai pihak terkait administrasi tingkat RT ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para pengelola administrasi di tingkat RT. Disdukcapil Kota Balikpapan memiliki peran kunci dalam menyampaikan informasi terkait Layanan Online Disdukcapil, Identitas Kependudukan Digital, dan Pelaporan Kegiatan RT melalui WaCAT (Wargaku Kecapil Aku Tau).

 

Pada sesi narasumber, Analis Kebijakan Ahli Muda, memberikan pemaparan yang komprehensif tentang layanan online yang telah diperkenalkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. "Kami terus berupaya mempermudah akses masyarakat terhadap layanan administrasi kependudukan. Melalui layanan online, masyarakat dapat mengakses berbagai layanan, termasuk pencatatan sipil, tanpa harus datang langsung ke kantor," ujarnya.

 

Selain itu, narasumber dari Disdukcapil juga menjelaskan mengenai konsep dan manfaat Identitas Kependudukan Digital. Penerapan identitas digital diharapkan dapat membantu dalam mempercepat proses administrasi dan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam berbagai transaksi yang memerlukan identifikasi kependudukan.

 

Sesi terakhir fokus pada penerapan WaCAT sebagai alat untuk pelaporan kegiatan RT secara efisien. Disdukcapil memberikan panduan praktis bagi peserta tentang cara menggunakan platform tersebut, sekaligus memberikan pemahaman tentang keamanan dan privasi data.

 

Peserta bimbingan teknis menyambut baik kehadiran Disdukcapil sebagai narasumber dan mengapresiasi upaya pemerintah dalam memperkenalkan inovasi dalam pengelolaan administrasi kependudukan. Mereka menyadari pentingnya penguasaan teknologi informasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

 

Kepala Disdukcapil Kota Balikpapan, berharap bahwa kegiatan ini akan menjadi langkah awal dalam membentuk para pengelola administrasi tingkat RT yang kompeten dan siap menghadapi era digital. "Kami siap terus mendukung dan berkolaborasi dalam upaya meningkatkan kualitas pengelolaan administrasi tingkat RT demi pelayanan publik yang lebih baik,".