Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan Melakukan Pengecekan Biometric di Kelurahan Sepinggan dan Manggar


Berita Capil

Ahmad Muhrani

15 Desember 2023 | 176 kali

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan Melakukan Pengecekan Biometric di Kelurahan Sepinggan dan Manggar

Balikpapan, 15 Desember 2023 – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menyelesaikan proses pengecekan biometric di dua kelurahan, yaitu Kelurahan Sepinggan dan Kelurahan Manggar. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 15 Desember 2023, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan keakuratan dan keamanan data kependudukan di wilayah tersebut.

 

Proses pengecekan biometric ini melibatkan teknologi canggih untuk memastikan kecocokan data biometric penduduk, seperti sidik jari dan foto wajah. Langkah-langkah ini diambil sebagai bagian dari inisiatif untuk memperbarui data kependudukan dan memastikan bahwa informasi yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tetap akurat. Pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan menyatakan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan mematuhi semua protokol keamanan dan privasi yang berlaku.

 

Masyarakat setempat diharapkan untuk memberikan kerjasama penuh dalam memastikan kesuksesan inisiatif ini.

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan, menjelaskan, "Pengecekan biometric ini adalah langkah proaktif kami untuk menjaga keakuratan data penduduk. Dengan menggunakan teknologi terbaru, kami dapat memastikan bahwa basis data kami tetap mutakhir, memfasilitasi penyelenggaraan layanan publik yang lebih baik di masa depan." Pihak Dinas menegaskan bahwa hasil dari pengecekan biometric ini akan menjadi dasar untuk pembaruan data kependudukan di wilayah tersebut, dan diharapkan akan memberikan manfaat yang signifikan dalam penyelenggaraan program pelayanan publik di Kota Balikpapan.

 

Selama proses pengecekan biometric, petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga memberikan informasi kepada warga mengenai pentingnya menjaga dan mengupdate data kependudukan mereka secara berkala. Proses ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya data kependudukan yang akurat untuk mendukung berbagai keperluan administratif dan pelayanan publik.