Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil Gelar Aktivasi Identitas Kependudukan Digital di Aula Kecamatan Balikpapan Selatan


Berita Capil

widoyoko

30 Mei 2023 | 137 kali

Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil Gelar Aktivasi Identitas Kependudukan Digital di Aula Kecamatan Balikpapan Selatan

Balikpapan,24 Mei 2023,Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan menggelar Layanan Jemput Bola Aktivasi Identitas Kependudukan Digital atau IKD ke Peserta Bimtek RT SE Kecamatan  Balikpapan. selatan. yang di rangkai dengan Bimbingan teknis RT se-Kecamatan Balikpapan Selatan

Ditemui di Aula Kecamatan Balikpapan Selatan, Kepala Bidang PIAK, Moch Ichwan,SE menyampaikan, penyelengaraan IKD didasarkan pada pemenuhan kebutuhan masyarakat atas pelayanan adminduk yang memadai dan terintegrasi.
“Pada dasarnya IKD ini adalah untuk menuntaskan masalah ketersediaan blangko KTP-El yang kadang habis, dan pelayanan adminduk dirasa tidak memuaskan masyarakat. Dengan adanya IKD ini, masyarakat tidak perlu lagi mencetak blangko KTP-El, cukup dengan IKD sudah bisa digunakan secara legal dan semestinya,” Ujar nya

Pihaknya menambahkan, nantinya ada enam jenis kartu yang bisa terintegrasi jadi satu di aplikasi ponsel, yakni KTP,  KK,  NPWP, Kartu Vaksin, Kartu Pemilih Tetap untuk Pemilu tahun 2024, Kepemilikan Kendaraan dan kartu pegawai BKN (Badan Kepegawaian Negara).
“Nantinya ada enam jenis kartu yang terintegrasi. Jadi andaikata nanti ada perubahan data karena pindah alamat, semua sudah terintegrasi jadi satu, termasuk lokasi DPT (daftar pemilih tetap) saat pemilu,” tambahnya.
Disinggung terkait sosialisasi yang sudah dilakukan kepada masyarakat umum, Eni mengatakan, tim dari Disdukcapil Kota Balikpapan sudah melakukan sosialisasi ke kecamatan . Pihaknya juga telah menginstruksikan seluruh operator Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di kecamatan, untuk melakukan pelayanan yang optimal. Masyarakat umum yang ingin mengaktifkan IKD, bisa mengunjungi kantor kecamatan dan menemui Operator SIAK di sana.