Sinergi Antara Disdukcapil dan Disdik Balikpapan untuk Peningkatan Cakupan Kartu Identitas Anak


Berita Capil

Ahmad Muhrani

26 September 2023 | 213 kali

Sinergi Antara Disdukcapil dan Disdik Balikpapan untuk Peningkatan Cakupan Kartu Identitas Anak

Kota Balikpapan, 26 September 2023 - Upaya untuk meningkatkan cakupan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kota Balikpapan semakin mendapatkan dorongan kuat melalui kolaborasi erat antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Balikpapan. Kerjasama ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap anak di kota ini memiliki KIA yang sah dan terjamin.

 

KIA adalah dokumen identitas penting bagi anak-anak, yang tidak hanya mencatat data dasar mereka, tetapi juga memberikan perlindungan hukum dan hak-hak esensial. Meningkatkan cakupan KIA adalah langkah kunci dalam mengamankan hak-hak anak dan memastikan mereka memiliki identitas yang sah sejak dini.

 

 

Kepala Disdukcapil Kota Balikpapan, menegaskan, "Kami memiliki komitmen kuat untuk memastikan bahwa setiap anak di Kota Balikpapan memiliki KIA. Namun, kami sadar bahwa pencapaian ini memerlukan kerjasama lintas-sektor. Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Disdik untuk merancang program-program yang akan memudahkan identifikasi dan pendaftaran anak-anak yang belum memiliki KIA."

 

Salah satu upaya kolaboratif yang dikerjakan oleh Disdukcapil dan Disdik adalah sosialisasi di sekolah-sekolah di Kota Balikpapan. Tim dari Disdukcapil memberikan informasi kepada para guru dan staf sekolah tentang pentingnya KIA dan langkah-langkah untuk mendaftarkan anak-anak. Mereka juga membantu dalam pengumpulan dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran KIA.

 

Kepala Disdik Kota Balikpapan, menyatakan, "Kerjasama ini sangat positif dalam mendukung pendidikan anak-anak di kota kita. Dengan memiliki KIA, anak-anak akan lebih mudah mengakses berbagai layanan pendidikan dan fasilitas yang tersedia."

 

Selain itu, Disdukcapil dan Disdik juga akan mengadakan program pendaftaran KIA di sekolah-sekolah, mempermudah orang tua dalam mendaftarkan anak-anak mereka. Harapannya, tindakan-tindakan ini akan secara signifikan meningkatkan cakupan KIA di Kota Balikpapan.

 

Kepala Disdukcapil,  mengakhiri dengan mengatakan, "Kami berharap melalui kerjasama ini, setiap anak di Kota Balikpapan dapat dengan mudah mengakses hak-hak mereka dan memiliki KIA yang sah. Ini adalah langkah penting untuk membangun masa depan yang lebih cerah bagi generasi penerus kita."

 

Kolaborasi antara Disdukcapil dan Disdik ini adalah bukti nyata bahwa dengan kerjasama lintas-sektor yang kuat, kita dapat menciptakan perubahan positif dalam masyarakat. Peningkatan cakupan KIA akan memberikan manfaat jangka panjang bagi anak-anak Kota Balikpapan, membantu mereka mengakses pendidikan dan layanan kesehatan dengan lebih baik, serta memberikan fondasi yang kuat untuk masa depan yang penuh potensi.