Perekaman KTP Elektronik di Aula Kelurahan Graha Indah Membantu Warga Dapatkan Identitas Resmi


Berita Capil

Ahmad Muhrani

14 September 2023 | 183 kali

Perekaman KTP Elektronik di Aula Kelurahan Graha Indah Membantu Warga Dapatkan Identitas Resmi

Balikpapan, 14 September 2023 - Pada hari Selasa yang cerah ini, warga Kelurahan Graha Indah merasakan manfaat besar dengan dimulainya perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di aula kelurahan setempat. Proses perekaman e-KTP yang berlangsung di Aula Kelurahan Graha Indah ini bertujuan untuk memberikan identitas resmi kepada warga, yang merupakan langkah penting dalam upaya pemerintah untuk meningkatkan administrasi kependudukan dan keamanan.

 

Proses perekaman e-KTP ini telah berlangsung sejak pagi tadi dan akan berlangsung selama sebulan. Warga Kelurahan Graha Indah dapat mendaftarkan diri mereka untuk perekaman e-KTP di aula kelurahan setiap hari kerja mulai pukul 08.00 hingga 16.00.

 

Kepala Kelurahan Graha Indah, menyambut baik inisiatif perekaman e-KTP ini. Ia mengatakan, "Perekaman e-KTP adalah langkah penting dalam meningkatkan administrasi kependudukan di kelurahan kami. Dengan e-KTP, warga kami akan memiliki identitas resmi yang akan memudahkan mereka dalam berbagai transaksi, seperti pembukaan rekening bank, mengurus dokumen perjalanan, dan lainnya.";

 

 

Proses perekaman e-KTP ini melibatkan petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat, yang siap membantu warga dalam mengisi formulir pendaftaran dan mengambil foto serta sidik jari yang akan digunakan dalam e-KTP. Selain itu, warga juga diminta untuk membawa dokumen identitas lama, seperti Kartu Keluarga (KK) dan KTP lama, sebagai data pendukung dalam proses perekaman.

 

Salah satu warga Kelurahan Graha Indah, mengatakan, "Saya sangat senang dengan adanya perekaman e-KTP ini. Ini akan membuat hidup saya lebih mudah, terutama dalam mengurus berbagai keperluan administrasi. Prosesnya pun cukup cepat dan nyaman."

 

Proyek perekaman e-KTP ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mengganti KTP lama dengan versi yang lebih modern dan aman. E-KTP mengandung informasi biometrik yang lebih sulit untuk dipalsukan, sehingga akan membantu dalam mencegah penyalahgunaan identitas.

 

Pemerintah setempat juga berharap bahwa dengan adanya e-KTP, data kependudukan dapat lebih terintegrasi dan akurat, yang pada gilirannya akan mendukung berbagai program pembangunan dan pelayanan publik di Kelurahan Graha Indah.

 

Dengan perekaman e-KTP yang telah dimulai di aula kelurahan, warga Kelurahan Graha Indah kini memiliki kesempatan untuk mendapatkan identitas resmi yang modern dan aman, yang akan membantu meningkatkan kualitas hidup mereka dalam berbagai aspek. Proyek ini diharapkan dapat berjalan lancar hingga selesai dalam waktu satu bulan, dan warga sangat diharapkan untuk berpartisipasi dalam proses ini untuk kepentingan bersama.