Evaluasi Terkait Pelayanan, Disdukcapil Kota Balikpapan Menyambut Tim Evaluator Ombudsman


Berita Capil

Ahmad Muhrani

3 Oktober 2022 | 266 kali

Evaluasi Terkait Pelayanan, Disdukcapil Kota Balikpapan Menyambut Tim Evaluator Ombudsman

Balikpapan - Senin 03 Oktober 2022, Kepala Disdukcapil Kota Balikpapan Beserta Jajarannya Menyambut Tim Evaluator dari Ombudsman, Dalam Kedatangannya Tim evaluator Mengevaluasi terkait Pelayanan yang diberikan Disdukcapil Kota Balikpapan Kepada Masyarakat.

 

Ombudsman RI perwakilan Provinsi Kalimantan Timur menilai secara langsung kualitas layanan publik di Disdukcapil Kota Balikpapan. Penilaian dilakukan terhadap standar pelayanan, pemenuhan sarana prasarana, peningkatan kompetensi penyelenggara layanan, serta pengelola pengaduan. 

 

Survey Kepatuhan Pelayanan Publik merupakan salah satu komponen yang digunakan dalam Penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Ombudsman RI untuk mencegah terjadinya maladministrasi pada unit pelayanan publik melalui pemetaan pemenuhan komponen standar pelayanan sebagaimana diatur dalam UU 25 Tahun 2009.

 

Diharapkan dengan adanya Penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik, unit penyelenggara pelayanan publik, termasuk di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan dapat memberikan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan untuk mewujudkan pelayanan prima serta pelayanan yang membahagiakan bagi masyakarat.

 

 

Kesempurnaan dalam pelaksanaan pelayanan publik adalah sebuah keniscayaan. Namun, adanya kritik dan saran yang membangun akan menjadi sebuah masukan untuk terus berbenah menuju pelayanan yang jauh lebih baik yang mafaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat. ungkap Kepala Disdukcapil Kota Balikpapan Hasbullah Helmi,AP.,M.Si.