Disdukcapil Kota Balikpapan Proaktif Layani Rekam KTP-el dan Cetak KIA di Mal


Berita Capil

Ahmad Muhrani

15 Agustus 2022 | 494 kali

Disdukcapil Kota Balikpapan Proaktif Layani Rekam KTP-el dan Cetak KIA di Mal

Balikpapan - Dinas Dukcapil di setiap daerah senantiasa dituntut menciptakan inovasi layanan sesuai karakteristik daerah demi membahagiakan masyarakat. Ini pula yang coba direalisasikan oleh Disdukcapil Kota Balikpapan.

Beriringan dengan pencanangan gerakan bersama pelayanan bagi penyandang disabilitas se-Kalimantan di Hotel Grand Jatra, Komplek Balikpapan Super Block (BSB), Disdukcapil Kota Balikpapan turut mendirikan gerai pelayanan adminduk untuk layanan KTP-el dan KIA.

Gerai ini bertempat di e-Walk yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Balikpapan yang terletak di BSB. Kadis Dukcapil Kota Balikpapan Hasbullah Helmi menuturkan, bahwa layanan ini dilaksanakan pada Rabu (10/8/2022) dan Kamis (11/8/2022) mulai pukul 10.00 WITA hingga 22.00 WITA sesuai jam operasional Mall.

"Masyarakat ketika datang ke Mall itu banyak yang sama anak-anaknya. Ini kita lihat sebagai peluang untuk meningkatkan cakupan kepemilikan KIA," tutur Helmi sapaan akrabnya.

Terlihat di gerai layanan terlihat antuasiasme tinggi dari masyarakat. Dari mulai antrean perekaman KTP-el, dan orang tua yang memohon pencetakkan KIA anaknya.

"Jika layanan kami ini sukses pada 2 hari ini, tentu ke depannya akan kami tingkatkan frekuensinya," ungkap Helmi.

Direktur Pencatatan Sipil Handayani Ningrum yang juga meninjau inovasi ini mengapresiasi langkah Disdukcapil Kota Balikpapan dalam membahagiakan masyarakat.

"Bagus ini, masyarakat tadi saya tanya bisa mengurus cetak KTP-el nya hanya 5 menit langsung jadi. Sangat membantu," tutur Ningrum.

 

 

Ningrum sekaligus menghimbau kepada masyarakat yang hadir, jika ada elemen data yang berubah segera dilaporkan ke Disdukcapil atau bisa juga secara online dengan melampirkan bukti perubahan data, supaya dokumen kependudukan yang dimiliki merupakan yang terupdate.

Direktur Pendaftaran Penduduk David Yama yang kerap berpesan terkait kinerja kepemilikan KIA, menyambut baik inovasi Disdcukcapil Kota Balikpapan ini.

"Ini bagus, cakupan KIA ini memang yang harus kita tingkatkan bersama. Masih banyak masyarakat yang belum sadar pentingnya kepemilikan KIA yang sebenarnya adalah KTP bagi anak-anak," jelas Yama.

Inovasi layanan ini selaras dengan arahan Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh bahwa Disdukcapil daerah harus kreatif dan proaktif dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Sebab kebutuhan dan karakteristiknya berbeda di setiap daerah.

sumber : Dukcapil Kemendagri