Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan Perekam KTP-el bagi Penduduk Rentan


Berita Capil

Ahmad Muhrani

18 September 2023 | 192 kali

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan Perekam KTP-el bagi Penduduk Rentan

Balikpapan, 16 September 2023 - Dalam upaya untuk meningkatkan aksesibilitas layanan kepada penduduk rentan di Kota Balikpapan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan menyelenggarakan kegiatan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) di Rumah Sakit Hermina Balikpapan pada Sabtu, 16 September 2023.

 

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program pemerintah daerah yang bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh warga negara Indonesia di Kota Balikpapan memiliki akses kepada dokumen identitas yang sah dan resmi. Dalam hal ini, fokus utama adalah pada penduduk yang termasuk dalam kelompok rentan, seperti lanjut usia, penyandang disabilitas, dan warga yang tinggal di daerah terpencil.

 

Rumah Sakit Hermina Balikpapan dipilih sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan ini karena aksesibilitasnya yang baik bagi penduduk dari berbagai wilayah di Kota Balikpapan. Dengan demikian, para penduduk rentan dapat dengan mudah mengikuti proses perekaman KTP-el tanpa harus melakukan perjalanan jauh.

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan, dalam  menyatakan, "Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada semua warga Kota Balikpapan, tanpa terkecuali. Perekaman KTP-el di Rumah Sakit Hermina adalah salah satu langkah nyata kami dalam mewujudkan komitmen tersebut. Kami berharap penduduk rentan dapat merasa lebih dihargai dan terbantu dengan adanya layanan ini."

 

Sejumlah petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan hadir untuk membantu proses perekaman KTP-el, serta memberikan panduan kepada para warga yang datang. Proses perekaman KTP-el di Rumah Sakit Hermina Balikpapan ini berjalan lancar, dan ratusan warga yang termasuk dalam kategori rentan berhasil mengurus atau memperbarui dokumen identitas mereka.