Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan Menggelar Jemput Bola Perekaman KTP-el dan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) Di Aula Kelurahan Gunung Samarinda Baru


Berita Capil

Ahmad Muhrani

4 Oktober 2023 | 170 kali

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan Menggelar Jemput Bola Perekaman KTP-el dan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) Di Aula Kelurahan Gunung Samarinda Baru

Balikpapan, 04 Oktober 2023, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan telah menggelar program "Jemput Bola Perekaman KTP-el dan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD)" dengan sukses di aula Kelurahan Gunung Samarinda Baru. Acara ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi warga Kota Balikpapan dalam memperoleh Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (KTP-el) dan memahami manfaat identitas kependudukan digital (IKD).

 

 

Program Jemput Bola ini merupakan upaya konkret Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat. Acara tersebut dilakukan di aula Kelurahan Gunung Samarinda Baru dan dibuka oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan.

 

Pada kesempatan ini, masyarakat di wilayah Gunung Samarinda Baru dapat dengan mudah melakukan perekaman KTP-el secara langsung tanpa harus mengunjungi kantor dinas. Tim perekaman KTP-el yang terlatih siap memberikan pelayanan terbaik kepada warga. Proses perekaman KTP-el berjalan lancar dan cepat, memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

 

Selain itu, program ini juga memberikan kesempatan bagi warga Kota Balikpapan untuk memahami pentingnya Identitas Kependudukan Digital (IKD). Identitas Kependudukan Digital adalah solusi modern yang memungkinkan warga untuk mengakses berbagai layanan pemerintah secara online, seperti perizinan, bantuan sosial, dan layanan kesehatan.

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan menyatakan, "Program Jemput Bola ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk mempermudah akses masyarakat Balikpapan terhadap layanan kependudukan. Kami juga ingin meningkatkan literasi digital warga dengan mengenalkan Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang merupakan inovasi untuk memudahkan warga dalam mengakses layanan publik."

 

Acara ini mendapatkan sambutan positif dari masyarakat, yang menghargai upaya Pemerintah Kota Balikpapan dalam memberikan layanan yang lebih baik dan mendukung kemajuan teknologi di bidang kependudukan.

 

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan berharap bahwa program Jemput Bola seperti ini akan terus dilakukan secara berkala untuk memastikan bahwa seluruh warga Kota Balikpapan dapat dengan mudah mengakses layanan kependudukan yang diperlukan. Ini juga merupakan langkah maju dalam mendukung transformasi digital di berbagai sektor pemerintahan.

 

Sebagai masyarakat Balikpapan, kita dapat berbangga dengan komitmen dan inovasi Pemerintah Kota Balikpapan dalam meningkatkan kualitas hidup dan pelayanan kepada warga. Program Jemput Bola ini adalah contoh nyata dari komitmen ini.