Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan Jemput Bola Perekaman KTP-el dan Aktivasi IKD


Berita Capil

Ahmad Muhrani

11 Oktober 2023 | 203 kali

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan Jemput Bola Perekaman KTP-el dan Aktivasi IKD

Balikpapan, 11 Oktober 2023 - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan kembali meluncurkan program Jemput Bola Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi masyarakat di Kota Balikpapan. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Serbaguna Kelurahan Batu Ampar, Rabu, 11 Oktober 2023, mulai pukul 09.00 hingga 14.00 Wita.

 

Program ini merupakan bagian dari upaya Disdukcapil Kota Balikpapan untuk mempermudah dan meningkatkan akses masyarakat dalam mendapatkan dokumen kependudukan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan penggunaan teknologi dalam pelayanan administrasi kependudukan.

 

Perekaman KTP-el merupakan langkah awal bagi warga Balikpapan yang belum memiliki KTP-el. Dengan adanya program ini, warga dapat melakukan perekaman data pribadi mereka secara mudah dan cepat. Perekaman data tersebut akan menjadi dasar untuk pembuatan KTP-el yang nantinya akan diberikan kepada warga.

 

Selain perekaman KTP-el, program ini juga mencakup aktivasi IKD. Identitas Kependudukan Digital (IKD) adalah sebuah layanan berbasis teknologi yang memungkinkan warga untuk mengakses dokumen kependudukan mereka secara elektronik. Dengan IKD, warga dapat dengan mudah mengakses informasi tentang data kependudukan mereka dan menggunakan IKD sebagai alternatif dalam berbagai transaksi.

 

Kepala Disdukcapil Kota Balikpapan, mengatakan, "Kami terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Program Jemput Bola Perekaman KTP-el dan Aktivasi IKD ini adalah salah satu inisiatif kami untuk mendekatkan pelayanan kependudukan kepada masyarakat. Kami mengundang seluruh warga Kota Balikpapan yang belum memiliki KTP-el untuk bergabung dalam program ini."

 

Kegiatan ini mendapatkan sambutan positif dari masyarakat Balikpapan. Mereka merasa senang dengan upaya Disdukcapil Kota Balikpapan dalam meningkatkan pelayanan publik dan mempermudah proses administrasi kependudukan.

 

Program Jemput Bola Perekaman KTP-el dan Aktivasi IKD akan berlangsung di beberapa lokasi yang telah ditentukan. Warga diharapkan memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan perekaman KTP-el dan aktivasi IKD. Seluruh proses dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat demi menjaga kesehatan masyarakat.