Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan Jemput Bola Perekaman KTP-el dan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kelurahan Marga Sari


Berita Capil

Ahmad Muhrani

5 Oktober 2023 | 134 kali

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan Jemput Bola Perekaman KTP-el dan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kelurahan Marga Sari

Balikpapan, 05 Oktober 2023 - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan kembali melakukan inisiatif proaktif dengan mengadakan kegiatan jemput bola perekaman Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (KTP-el) dan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi masyarakat di wilayah Kota Balikpapan. Kegiatan ini bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat dalam mendapatkan dokumen kependudukan yang sah dan juga untuk mempromosikan penggunaan IKD sebagai alat identifikasi digital.

 

Kegiatan ini akan berlangsung di Aula Kelurahan Muara Rapak pada hari Kamis, 5 Oktober 2023, mulai pukul 09.00 hingga 15.00 Wita. Seluruh warga Balikpapan Khususnya Yang Berada Di Kelurahan Marga Sari diundang untuk merapat dan memanfaatkan kesempatan ini.

 

 

Perekaman KTP-el adalah salah satu layanan utama yang akan tersedia selama kegiatan ini. Warga yang belum memiliki atau perlu memperbarui KTP-el mereka akan dapat melakukan perekaman secara gratis. Proses ini akan membantu memastikan bahwa setiap warga memiliki identifikasi yang sah dan terdaftar dalam sistem kependudukan.

 

Selain itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan juga akan memberikan panduan kepada warga tentang aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). IKD adalah inovasi terbaru yang memungkinkan warga untuk menggunakan identifikasi digital sebagai alternatif pengganti KTP fisik dalam berbagai transaksi, termasuk pembukaan rekening bank, aplikasi perbankan digital, pembelian tiket pesawat, dan layanan online lainnya.

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengungkapkan semangat positifnya terkait acara ini. "Kami berharap bahwa dengan menyediakan perekaman KTP-el dan informasi tentang IKD, kami dapat membantu masyarakat Balikpapan untuk tetap terhubung dengan dunia digital yang semakin berkembang. Identitas Kependudukan Digital adalah masa depan, dan kami ingin memastikan bahwa warga kami siap mengadopsinya," ujarnya.