Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan Bertindak Sebagai Narasumber dalam Bimtek RT Mengenai Identitas Kependudukan Digital


Berita Capil

Ahmad Muhrani

10 Agustus 2023 | 192 kali

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan Bertindak Sebagai Narasumber dalam Bimtek RT Mengenai Identitas Kependudukan Digital

Balikpapan, 09 Agustus 2023

Dalam menghadapi arus perkembangan teknologi yang semakin cepat, pemahaman masyarakat mengenai identitas kependudukan digital menjadi semakin penting. Dalam rangka memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya identitas kependudukan digital, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan berkolaborasi dengan Kecamatan Balikpapan Barat dalam menyelenggarakan Bimbingan Teknis Rukun Tetangga (Bimtek RT).

 

Kegiatan Bimtek RT ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan yang mendalam kepada masyarakat di Kecamatan Balikpapan Barat tentang pentingnya identitas kependudukan digital dan bagaimana pemanfaatan teknologi dalam proses administrasi kependudukan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan turut ambil bagian sebagai narasumber dalam acara ini.

 

Dalam acara tersebut, narasumber dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan memberikan presentasi mengenai berbagai aspek identitas kependudukan digital, termasuk penerbitan dan manfaat Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, Kartu Keluarga (KK) elektronik, serta cara-cara mengakses layanan administrasi kependudukan melalui platform digital. Narasumber ini memberikan wawasan mendalam mengenai perkembangan teknologi dalam hal kependudukan kepada peserta Bimtek RT.

 

Salah satu poin yang menarik dalam acara ini adalah kehadiran Narasumber Analis Kebijakan Muda, Widyoko, ST. Sebagai ahli dalam analisis kebijakan, Widyoko memberikan pandangan yang komprehensif mengenai dampak perubahan teknologi terhadap administrasi kependudukan dan bagaimana penerapan kebijakan dapat mengatasi tantangan tersebut.

 

Dalam sambutannya, Widyo Widyoko menyampaikan, "Identitas kependudukan digital memiliki potensi besar untuk meningkatkan pelayanan dan akses masyarakat terhadap layanan publik. Melalui Bimtek RT ini, kami berharap masyarakat di Kecamatan Balikpapan Barat dapat lebih paham dan siap dalam memanfaatkan teknologi untuk mengurus kepentingan administrasi kependudukan."

 

Acara Bimtek RT ini juga memberi kesempatan kepada peserta untuk berdiskusi dan bertanya langsung kepada narasumber. Diskusi yang interaktif ini memberikan wadah bagi peserta untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang topik yang dibahas.

 

Kegiatan Bimbingan Teknis Rukun Tetangga (Bimtek RT) ini merupakan langkah konkret dalam membangun kesadaran masyarakat tentang identitas kependudukan digital dan peran teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Kolaborasi antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan dengan narasumber dari berbagai latar belakang, termasuk analis kebijakan, merupakan upaya nyata dalam menciptakan masyarakat yang siap menghadapi era digital dan mengoptimalkan potensi teknologi dalam pelayanan publik.