Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan Berikan Kemudahan Identitas Kependudukan Digital untuk Pelajar Melalui Program "Jemput Bola Perekaman KTP-el" di SMA Patra Dharma


Berita Capil

Ahmad Muhrani

10 Agustus 2023 | 205 kali

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan Berikan Kemudahan Identitas Kependudukan Digital untuk Pelajar Melalui Program "Jemput Bola Perekaman KTP-el" di SMA Patra Dharma

Balikpapan, 9 Agustus 2023

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan kembali memperlihatkan komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan menggelar program "Jemput Bola Perekaman KTP-el" yang menyasar pelajar. Kegiatan ini berlangsung di SMA Patra Dharma pada hari Rabu, 9 Agustus 2023, dimulai pukul 09.00 hingga 14.00 Wita.

 

Melalui program ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membawa pelayanan langsung ke sekolah dengan menempatkan petugas untuk melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) bagi pelajar. Program ini memberikan kemudahan bagi pelajar dalam memperoleh identitas kependudukan digital yang sah dan terverifikasi tanpa perlu datang ke kantor dinas.

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan, Tirta Dewi, mengatakan, "Program 'Jemput Bola Perekaman KTP-el' kami adakan untuk memberikan pelayanan yang lebih mudah dan cepat kepada pelajar. Identitas kependudukan digital memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, dan kami ingin memastikan pelajar dapat memanfaatkannya secara optimal."

 

SMA Patra Dharma turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Kepala sekolah SMA Patra Dharma menyambut baik inisiatif dari dinas terkait. "Kami berterima kasih atas upaya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang telah membawa pelayanan ini ke sekolah kami. Ini adalah langkah positif untuk membantu pelajar dalam mengurus identitas kependudukan mereka," ujar Kepala sekolah SMA Patra Dharma.

 

Tidak hanya perekaman KTP-el, program ini juga mencakup aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), yang memberikan pelajar akses lebih mudah ke berbagai layanan publik yang memanfaatkan teknologi. Identitas Kependudukan Digital juga menjadi dasar penting dalam mengakses program-program pemerintah yang lebih luas.

 

Program "Jemput Bola Perekaman KTP-el" ini merupakan salah satu bentuk nyata upaya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan dalam menyediakan layanan administrasi kependudukan yang mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan dukungan dari sekolah dan pemerintah, program ini diharapkan memberikan manfaat besar bagi pelajar di Kota Balikpapan, serta mendorong kesadaran akan pentingnya identitas kependudukan dalam era digital.