Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kolaborasi dengan KPU Kota Balikpapan untuk Perekaman Data Pemula dalam Pemilu 2024


Berita Capil

Ahmad Muhrani

16 Agustus 2023 | 310 kali

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kolaborasi dengan KPU Kota Balikpapan untuk Perekaman Data Pemula dalam Pemilu 2024

Balikpapan, Rabu, 16 Agustus 2023 – Dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan melakukan kerja sama yang erat dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan. Keduanya bertujuan untuk melakukan perekaman data bagi para pemilih pemula, yang akan menjadi bagian penting dalam proses demokrasi mendatang.

 

Pada hari Rabu ini, perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta KPU Kota Balikpapan berkumpul untuk berdiskusi dan merencanakan langkah-langkah kolaboratif yang akan diambil dalam upaya perekaman data pemula. Melalui sinergi antara kedua lembaga tersebut, diharapkan bahwa proses perekaman data pemula dapat berjalan lancar dan efisien.

 

Pemilih pemula, yang terdiri dari kaum muda yang baru memenuhi syarat usia untuk memberikan suara dalam Pemilu, memiliki peran penting dalam membentuk masa depan bangsa. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah dan lembaga terkait untuk memastikan bahwa data-data pemilih pemula tercatat secara akurat dan dapat digunakan dalam proses pemilihan nantinya.

 

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan, Tirta Dewi, mengungkapkan, "Kami sangat mengapresiasi kerjasama yang positif ini dengan KPU Kota Balikpapan. Perekaman data pemula adalah langkah awal yang krusial dalam memastikan bahwa hak suara setiap warga negara terjamin dan bahwa proses pemilu dapat berlangsung dengan baik."

 

Sementara itu,  Ketua KPU Kota Balikpapan, menambahkan, "Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam memastikan bahwa setiap pemilih pemula terdaftar dengan benar. Ini adalah tahap penting dalam upaya kami untuk menghasilkan pemilihan yang demokratis dan transparan."

 

Diharapkan bahwa hasil kolaborasi ini akan menghasilkan proses perekaman data pemula yang aman, efisien, dan akurat. Dengan data yang tercatat dengan baik, diharapkan Pemilu 2024 di Kota Balikpapan akan berjalan lancar dan mencerminkan kehendak rakyat.

 

Kerja sama antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta KPU Kota Balikpapan ini juga menjadi contoh positif tentang bagaimana berbagai instansi pemerintah dapat bekerja bersama untuk memajukan proses demokrasi dan memastikan bahwa setiap suara warga negara dihargai.