Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Berpartisipasi dalam Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2023 dengan Aktivasi Kependudukan Digital


Berita Capil

Ahmad Muhrani

28 November 2023 | 145 kali

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Berpartisipasi dalam Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2023 dengan Aktivasi Kependudukan Digital

Balikpapan, 27 November 2023 - Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2023, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan turut serta dalam upaya pencegahan korupsi dengan membuka stand Aktivasi Kependudukan Digital (IKD). Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung BSCC Dome Balikpapan pada tanggal 27 November 2023.

 

Stand Aktivasi Kependudukan Digital (IKD) yang dibuka oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan bagian dari kampanye untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan pencegahan korupsi dalam pelayanan kependudukan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat dan cara penggunaan layanan kependudukan secara digital.

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan, menyatakan bahwa kehadiran stand Aktivasi Kependudukan Digital (IKD) pada peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia adalah bentuk kontribusi pihaknya dalam membangun pelayanan publik yang bersih dan terjangkau. "Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kependudukan yang modern dan bebas dari praktik korupsi," ujarnya.

 

Pada stand ini, masyarakat dapat mendapatkan informasi terkait layanan kependudukan digital, termasuk proses pendaftaran online, aktivasi Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el), dan penggunaan berbagai aplikasi terkait administrasi kependudukan. Petugas stand siap memberikan panduan dan demo langsung kepada pengunjung yang ingin lebih memahami cara menggunakan layanan digital ini.

 

Selain itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga menyediakan brosur dan materi informatif tentang pentingnya menerapkan praktik kependudukan yang bersih dan transparan. Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat semakin menyadari peran teknologi dalam mempermudah akses dan mengurangi potensi penyalahgunaan kekuasaan.

 

Acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia ini juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti seminar, diskusi panel, dan kampanye kesadaran anti-korupsi. Dengan berbagai inisiatif ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil berharap dapat bersama-sama dengan masyarakat membangun lingkungan yang bebas dari korupsi dan mendukung visi pemerintah untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan efisien.