Sosialisasi BIMTEK Pembuatan KIA Untuk Seluruh SMP Balikpapan


code editor

2022-04-27 00:19:32 142 kali

Sosialisasi BIMTEK Pembuatan KIA Untuk Seluruh SMP Balikpapan

BALIKPAPAN – Pemerintah Disdukcapil Kota Balikpapan mengadakan acara BIMTEK pembuatan KIA untuk seluruh SMP Balikpapan, Kalimantan Timur,  pada Senin & Selasa (28-29/03/2022) pagi. Acara dibuka dan dipimpin oleh Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan Ardiawan Nugraha Putra, S.STP, M.Si.

Sekretaris dari Disdukcapil Balikpapan, Ardiawan Nugraha Putra menegaskan, bahwa kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk anak – anak yang berumur dibawah 17 tahun wajib membuat Kartu Identitas Anak (KIA) sebagai bentuk identitas diri untuk mengakses pelayanan publik.

Ditetapkan pada Peraturan Menteri dalam Nomor 2 tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA), Peraturan ini ditetapkan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo pada tanggal 14 Januari 2016 di Jakarta.

Sepanjang acara, kegiatan Bimtek ini dilakukan dengan berbagai penjelasan dari tujuan, manfaat sampai tutorial pelayanan pembuatan Kartu Identitas Anak sesuai dengan struktur pelayanan Disdukcapil Balikpapan.

Untuk mengikuti kegiatan Bimtek upaya Permendagri 2 tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak ini agar menjadi lebih baik, kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi untuk mengikuti protokol kesehatan demi kenyamanan bersama.

Dengan adanya kegiatan ini, maka anak yang berusia yang dibawah 17 tahun ataupun KIA untuk warga negara asing mereka dapat melakukan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk mengakses berbagai layanan publik yang ada pada kota Balikpapan ini.