Kepala Disdukcapil Kota Balikpapan Hasbullah Helmi, AP.,M.Si Menghadiri Rakorda Pendataan awal registrasi ekonomi sosial 2022


code editor

Ahmad Muhrani

20 September 2022 | 39 kali

Kepala Disdukcapil Kota Balikpapan Hasbullah Helmi, AP.,M.Si Menghadiri Rakorda Pendataan awal registrasi ekonomi sosial 2022

Balikpapan, Selasa 20 September 2022 Kepala Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil kota balikpapan Hasbullah Helmi, AP.,M.Si menghadiri rapat koordinasi Pendataan awal registrasi ekonomi sosial 2022 kegiatan ini jg dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Balikpapan, Rekan-rekan FORKOPIMDA Kota Balikpapan, Kepala BPS Kota Balikpapan serta Para Pejabat dilingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.

Dalam Sambutannya Sekretaris Daerah Kota Balikpapan menyambut baik dilaksanakannya rakorda regsosek ini, dengan harapan kegiatan ini dapat menjadi tonggak dari gerakan satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat diharapkan dapat menghasilkan sebuah data yang akurat, tepat serta validitasnya dapat dipertanggungjawabkan.

regsosek merupakan bagian dari reformasi sistem perlindungan sosial yang konsepnya telah dirancang sejak 2020 dan didasarkan atas pandangan perlunya perbaikan pada bahwa pelaksanaan perlindungan sosial.

Bantuan sosial, sebagai bagian dari perlindungan sosial, harus disalurkan tepat sasaran pada masyarakat yang betul-betul membutuhkan, termasuk yang terkena guncangan seperti pandemi covid-19, termasuk juga pengalihan subsidi bbm. Sejalan dengan itu maka salah satu usaha utama yang dilakukan adalah melalui perbaikan pelengkapan data sosial ekonomi yang mencakup seluruh penduduk.

Untuk itulah kita sangat mengharapkan peran rekan-rekan kita di bps sebagai lembaga yang sangat tepat, mumpuni, berwibawa dan berpengalaman di bidang ini. Regsosek hendaknya dapat menjadi instrumen strategis guna menyajikan peringkat kesejahteraan setiap penduduk dan meningkatkan ketepatan sasaran program-program pemerintah.

Hal ini sekaligus membuka peluang pemanfaatan yang luas, dan tidak hanya program perlindungan sosial saja, data regsosek yang lengkap akan mendukung program pemberdayaan ekonomi, penyediaan kebutuhan infrastruktur dasar, pemerataan akses pendidikan dan kesehatan, peningkatan inklusi keuangan, dan program lain untuk mendorong potensi pembangunan di pusat dan daerah. Regsosek membantu mewujudkan indonesia membangun secara inklusif.

Oleh karenanya pemerintah kota balikpapan sangat berkepentingan dalam kegiatan ini, terlebih bps sangat konsen dalam menjalankan satu data terpusat. Sebab, dengan metode pendataan yang valid dan ilmiah, maka akan menghasilkan data yang akurat. Karena data itulah yang nantinya menjadi dasar acuan dalam membuat sebuah kebijakan strategis bagi pembangunan kota balikpapan.