Profil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan

Dasar Hukum
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan dibentuk berdasarkan :

  • Peraturan Daerah Kota Balikpapan Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.
  • Peraturan Wali Kota Balikpapan Nomor 38 Tahun 2016 tentang Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Susunan Organisasi
Berdasarkan Peraturan Walikota Balikpapan Nomor 38 Tahun 2016 tentang Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah sebagai berikut :
  1. Kepala Dinas
  2. Sekretariat, yang membawahkan :
    • Subbagian Perencanaan dan Keuangan
    • Subbagian Umum dan Kepegawaian
  3. Bidang Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk, yang membawahkan :
    • Seksi Identitas Penduduk
    • Seksi Pindah Datang Penduduk
    • Seksi Pendataan Penduduk
  4. Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, yang membawahkan :
    • Seksi Kelahiran
    • Seksi Perkawinan dan Perceraian
    • Seksi Perubahan Status Anak, Pewarganegaraan dan Kematian
  5. Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data, yang membawahkan :
    • Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan
    • Seksi Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan
    • Seksi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan
  6. UPT
  7. Kelompok Jabatan Fungsional

Uraian Tugas
Pasal 4 Peraturan Walikota Balikpapan Nomor 38 Tahun 2016 Dinas mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan dibidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil serta tugas pembantuan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Pasal 4, Dinas mempunyai fungsi :
  1. Penyusunan program dan kegiatan di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil
  2. Penyusunan perencanaan di bidang pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan, kerja sama administrasi kependudukan, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan
  3. Perumusan kebijakan teknis di bidang pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan, kerja sama, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan
  4. Pelaksanaan pelayanan pendaftaran penduduk
  5. Pelaksanaan pelayanan pencatatan sipil
  6. Pelaksanaan pengelolaan informasi administrasi kependudukan
  7. Pelaksanaan kerja sama administrasi kependudukan
  8. Pelaksanaan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan
  9. Pelaksanaan inovasi pelayanan administrasi kependudukan
  10. Pembinaan, koordinasi, pengendalian bidang administrasi kependudukan
  11. Pelaksanaan kegiatan penatausahaan Dinas
  12. Pelaksanaan monitoring, evaluasi, pengendalian dan pelaporan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas
  13. Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan/atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya


Visi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan adalah MENJADI PENYELENGGARA ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN YANG HANDAL DAN PROFESIONAL

Penjelasan kata kunci Visi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Balikpapan

  • Handal adalah Pelaporan identitas / dokumen kependudukan yang berupa perubahan status dan peristiwa vital yang dialami berdasarkan prosedur yang benar dan tepat waktu.
  • Profesional adalah Pelayanan yang seefektif dan seefisien mungkin melalui prosedur yang ada dengan pelayanan yang ramah, cepat dan tepat waktu sehingga diharapkan masyarakat menjadi puas.



Misi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan merupakan penjabaran Misi Kota Balikpapan yaitu "Meningkatkan Pelayanan Publik dan Melaksanakan Reformasi Birokrasi".

Misi yang ditetapkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Balikpapan adalah :

  • Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan.
  • Meningkatkan Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).
  • Meningkatkan Tertib Administrasi Keuangan, Sumber Daya Manusai (SDM) dan Perkantoran.



MAKLUMAT PELAYANAN
"DENGAN INI KAMI SANGGUP MENYELENGGARAKAN PELAYANAN KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL SESUAI STANDAR PELAYANAN YANG TELAH DITETAPKAN DAN APABILA TIDAK MENEPATI, KAMI SIAP MENERIMA SANKSI SESUAI PERATURAN PERUNDANG UNDANGAN YANG BERLAKU"



Budayakan 5S "Senyum Salam Sapa Sopan Santun"