Akta Kematian

Tanda Bukti berisi pernyataan mengenai kematian seorang penduduk.

Persyaratan
Persyaratan Pencatatan Kematian WNI :

  • Surat Keterangan Kematian dari Rumah Sakit/Dokter
  • Surat keterangan kepolisian bagi kematian seseorang yang tidak jelas identitasnya
  • Salinan penetapan pengadilan bagi seseorang yang tidak jelas keberadaannya karena hilang atau mati tetapi tidak ditemukan jenazahnya
  • Surat pernyataan kematian dari Maskapai Penerbangan/Perhubungan laut bagi seseorang yang tidak jelas keberadaanya karena hilang atau mati tetapi tidak ditemukan jenazahnya;
  • Surat Keterangan Kematian dari Perwakilan Republik Indonesia bagi Penduduk yang Kematiannya di luar wilayah NKRI
  • Bagi yang meninggal sudah lama, sehingga data yang bersangkutan tidak tercantum dalam Kartu keluarga dan Database kependudukan maka harus mendapat putusan dari pengadilan Negeri
  • Apabila Meninggal Dirumah, Maka harus Dimintakan Visum Verbal dari Puskesmas setempat
  • Kartu Keluarga dan KTP-el asli almarhum.

Prosedur
Prosedur Akta Kematian :
  1. Pemohon menuju antrian untuk mengambil nomor antrian
  2. Pemohon di panggil sesuai nomor antrian menuju Ruang perekaman
  3. Petugas melakukan verifikasi berkas permohonan
  4. Petugas menyerahkan Resi Bukti Pelayanan

Jangka Waktu Penyelesaian
Jangka Waktu Penyelesaian Akta Kematian :
  • 24 Jam Pelayanan (24 Jam = 4 Hari Kerja Pelayanan).

Biaya Pelayanan
Biaya Pelayanan Akta Kematian :
  • Tidak dipungut biaya (Gratis).

Pengelolaan Pengaduan
Pengelolaan Pengaduan Akta Kematian :
  • Kotak saran tersedia di ruang pelayanan
  • Telp: 876292,876911
  • Wa: 085247178590, 0816202866
  • WebSite : http://capil.balikpapan.go.id
  • Instagram : #disdukcapilbpn
  • Facebook: @Disdukcapilbpn